Memahami Masa Iddah dan Ketentuannya

Memahami Masa Iddah dan KetentuannyaKasus perceraian sekarang ini mengalami banyak peningkatan, hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor yang menyebabkan kasus perceraian mengalami kenaikan. Tetapi, ketika perempuan mengalami perceraian, maka penting untuk memahami proses masa iddah, karena ini menjadi bagian yang harus dipahami oleh pihak perempuan kedepannya.

Proses ini menjadi kebutuhan yang harus dimengerti, terutama untuk Anda perempuan yang beragama Islam. Karena dalam aturan dan hukum Islam menjelaskan semuanya secara mendalam terkait perceraian. Dengan demikian harus bisa melihat dan memahaminya secara menyeluruh agar proses tersebut bisa Anda pahami menyeluruh, simak penjelasan lengkapnya.

Apa Itu Masa Iddah?

Pada tahap ini kami mencoba memberikan beberapa penjelasan terlebih dahulu untuk bisa memahaminya secara menyeluruh. Dalam tahap ini apabila Anda sedang bercerai, maka harus ada waktu tunggu untuk perempuan ketika memutuskan untuk menikah lagi. Proses ini dalam agama Islam disebut atau dikenal sebagai masa Iddah.

Untuk pengertian secara lebih jelasnya, masa iddah merupakan proses mengetahui waktu kosong rahim yang terhitung dengan pemahaman pada kelahiran, quru (masa suci), dan perhitungan bulan. Dalam tahap ini proses ini menjadi lebih penting, sehingga membuat Anda akan Anda lakukan dan pahami semuanya secara keseluruhan dengan jelas.

Waktu (Iddah) Untuk Cerai Hidup

1. Keadaan Hamil

Apabila perempuan mengalami perceraian ketika masa hamil, maka untuk proses iddahnya sampai melahirkan. Hal ini sudah tertulis jelas pada QS. Ath Tholaq ayat 4 yang menjelaskan kalau perempuan yang hamil waktu iddahnya ketika sudah sampai melahirkan. Oleh karena itu, apabila Anda hendak untuk menikah lagi, maka pastikan Anda melahirkan terlebih dahulu.

Tahapan ini harus Anda pahami dan ketahui,karena dalam Islam sudah jelas mengatur dan menentukan semuanya secara menyeluruh.

2. Waktu Quru

Selanjutnya waktu iddah untuk perempuan yang memiliki quru atau masa suci dengan melihat masa haid dan tidak sedang hamil akan menunggu sampai waktu tiga kali quru. Tahap ini menjadi sangat penting untuk Anda lihat dan pahami keseluruhannya. Karena proses ini dijelaskan juga pada QS. Al Baqarah ayat 228.

Untuk Anda yang bercerai dan masih mengalami masa quru, maka penting untuk menghitung dan menentukannya yang dalam Islam kurang lebih 3 bulan.

3. Cerai dan Belum Bersetubuh

Jika Anda memutuskan bercerai dan tidak sedang melakukan hubungan badan atau bersetubuh, maka tidak mempunyai waktu iddah. Hal ini sudah tercantum pada QS. Al Ahzab ayat 49 yang menjelaskan kalau seorang laki-laki menikah, lalu bercerai dan tidak melakukan hubungan badan, maka tidak ada waktu iddah untuk perempuan tersebut.

Nah, demikianlah penjelasan lengkap mengenai masa iddah dari artikel Islami yang harus dilihat dan dipahami oleh beberapa orang yang memutuskan untuk bercerai.