Fungsi Konjungsi Temporal yang Sangat Penting

Setelah mengetahui bagaimana konjungsi tercipta, maka kemungkinan besar sudah terlihat dengan jelas mengenai fungsi dari konjungsi temporal ini. Pada dasarnya, konjungsi ini sangat ampuh untuk membantu pembaca dalam mengetahui informasi yang tersaji di dalamnya.

Berbagai Macam Fungsi Konjungsi Temporal

Menjadi Mudah Dipahami

Fungsi utama yang dimiliki oleh kalimat konjungsi ini tentu saja untuk menggabungkan kalimat dan paragraf yang ada di dalam suatu tulisan. Hal ini berguna agar tulisan yang dirangkai mampu terorganisir dengan lebih baik, sehingga paragraf yang ada pun menjadi lebih mudah dipahami oleh para pembaca.

Menjadi Penilaian Mengenai Kualitas Tulisan

Konjungsi juga menjadi salah satu kriteria yang bisa dicermati oleh pembaca ketika mereka ingin menilai suatu tulisan. Karya yang menggunakan konjungsi dengan tepat tentu saja akan memiliki kualitas yang tinggi dan bisa menyampaikan informasi yang ingin ditujukan pada pembaca dengan cepat.

Ada beberapa contoh kalimat konjungsi temporal, seperti berikut:

  • Ayah sedang menulis ketika ibu pulang dari supermarket
  • Sejak kemarin malam, kota ini diguyur hujan yang cukup lebat
  • Adik tiba-tiba terbangun dari tidurnya saat mendengar gemuruh petir di luar rumah

Agar Tulisan Memaparkan Peristiwa secara Kronologis

Tidak hanya menghubungkan kalimat, namun konjungsi juga penting untuk memaparkan peristiwa yang ada di dalam tulisan secara kronologis. Dengan begitu, maka pembaca bisa mengimajinasikan sendiri rentetan peristiwa yang ada di dalam tulisan secara tepat dan tidak kesulitan membayangkan latar waktu pada karya tulisan.

Membuat Tulisan Menjadi Lebih Koheren

Terakhir yaitu untuk membuat tulisan menjadi jauh lebih koheren dan tidak berantakan. Tulisan yang berantakan umumnya akan membuat siapapun merasa kebingungan dan tidak bisa menangkap dengan jelas apa maksud yang ingin disampaikan oleh penulis sebab tidak ada kalimat penjelas dan kalimat penghubung yang rapi.

Itu dia beberapa fungsi kata konjungsi temporal yang sangat bermanfaat terlebih ketika Anda ingin menulis suatu cerita ataupun sekadar tulisan ilmiah. Menjadi penulis berarti harus memperhatikan kalimat yang ingin dirangkai, apapun maksud dan tujuan yang dimiliki.