Daya Tarik Desa Wisata Gamplong

Daya Tarik Desa Wisata Gamplong

Jika kamu sedang mencari destinasi wisata yang menyediakan wisata alam, budaya, sejarah, hingga kuliner yang menggiurkan, maka Desa Wisata Gamplong bisa menjadi pilihan yang tepat untukmu.

Serupa dengan desa wisata yang ada di Indonesia lainnya, wisata Gamplong Jogja ini juga sedang meningkatkan perekonomian dosmetiknya, dengan mengembangkan produk dan jasa digital desa, serta produk unggulan lainnya dengan konsep one village one product dalam bidang kewirausahaan.

4 Alasan Desa Wisata Gamplong Wajib Dikunjungi

Sebelum kita membahas tentang daya tarik dari desa wisata satu ini, mungkin kamu pernah memiliki pertanyaan seperti ini, “Desa Wisata Gamplong milik siapa sih?” Nah, dalam artikel ini kami juga akan membagikan informasi terkait hal ini.

Desa wisata yang memiliki daya tariknya tersendiri ini memang milik pemerintah setempat. Namun, untuk Studio Alam Gamplong sendiri, masih sering dijadikan sebagai lokasi syuting film garapan sutradara Hanung Bramantyo. Dalam hal ini, sebenarnya apa saja sih daya tarik dari desa wisata satu ini?

  • Bernuansa Hollywood

Bagi para pecinta film garapan Hanung Bramantyo, pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan nuansa yang diberikan oleh Studio Alam Gamplong. Ya, tempat ini terkenal karena Hanung Bramantyo menggunakan studio ala mini sebagai latar belakang tempat filmnya yang berjudul Sultan Agung.

Sutradara ternama di Indonesia ini dengan sengaja menyulap salah satu wilayah di desa Gamplong untuk mendukung terciptanya nuansa khas gambaran kolosal pedesaan, yang terjadi di era tahun 1600-an.

Jika kamu berpikir tempat wisata yang berbentuk studio alam ini akan dibongkar setelah penggarapan film tersebut selesai, maka pemikiran ini salah besar. Sebab, meskipun film telah berhasil dibuat, studio ini tidak akan dirobohkan dan diserahkan untuk menjadi milik pemerintah setempat.

Dengan banyaknya bangunan ikonik yang ada di destinasi wisata satu ini, kamu bisa menikmati indahnya nuansa kolosal, yang biasanya hanya bisa kamu nikmati di dalam film saja.

Selain itu, tempat ini juga menyediakan banyak spot foto yang menarik, sehingga banyak anak-anak muda yang tertarik untuk berkunjung kemari.

  • Pusat Kerajinan Tenun

Desa wisata yang berada di daerah Gamplong, Moyudan, Dukuh, Sumberrahayu, kecamatan Moyudan, kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta ini, juga dikenal sebagai pusat kerajinan tenun.

Ya, desa ini sudah sejak dulu terkenal dengan kerajinan tenunnya, yang diciptakan tanpa menggunakan alat mesin khusus. Jadi, bisa dipastikan desa Gamplong mampu menciptakan dan menghasilkan tenun original yang dibuat langsung oleh tangan manusia.

Kendati demikian, karena desa ini sedang gencar-gencarnya untuk menjadikan pusat wisata yang sesuai dengan era digital, jadi modifikasi pun mereka lakukan. Alasan lainnya adalah, karena pengrajin pada desa ini juga mengalami penurunan, sehingga penerusnya pun sangat berkurang.

Walaupun begitu, tetap saja masih ada banyak wisatawan, baik yang datang dari dalam negeri maupun luar negeri, yang ingin belajar tenun di desa wisata satu ini. Sembari menikmati indahnya nuansa kolosal yang ada di desa, kamu juga bisa mulai belajar tenun di desa ini.

  • Mendapat Apresiasi yang Luar Biasa dari Menparekraf

Bersama dengan desa wisata di wilayah lainnya, desa Gamplong berhasil mendapat apresiasi yang luar biasa dari Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif, yaitu bapak Sandiaga Salahuddin Uno.

Apresiasi ini didapatkan bukan tanpa alasan yang tepat. Apresiasi yang datang untuk desa Gamplong ini berhasil didapatkan dengan alasan yang sama seperti desa-desa wisata lainnya, yaitu karena daerah ini mampu menggerakkan ekonomi masyarakat secara langsung.

Selain itu, dengan pergerakan ekonomi masyarakat yang dilakukan secara langsung ini, juga dapat meningkatkan potensial bagi para warganya dalam menciptakan lapangan kerja seluas mungkin.

Maka dari itu, Menparekraf akhirnya berani memberikan apresiasi yang sangat luar biasa kepada desa Gamplong. Apalagi, dengan pengembangan produk dan jasa digital desa ini, dapat memudahkannya untuk lebih diterima pasar pariwisata dan meningkatkan perekonomian dalam negeri maupun luar negeri.

Sebab, kita tidak bisa menutup kemungkinan bahwa akan ada peluang yang tinggi, untuk bisa merambah pasar ekspor di masa mendatang.

  • Didukung dengan Tempat Wisata yang Beragam

Jika kamu menyukai destinasi wisata yang bervariasi, maka wisata Gamplong Jogja ini bisa menjadi pilihan yang tepat untukmu.

Sebab, selain tempat-tempat wisata yang ada di dalam desa ini, di sekitarnya juga akan ada tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Dari mulai tempat wisata dalam bidang kuliner, sejarah, budaya, dan lain sebagainya, bisa kamu temukan dengan berkunjung ke desa wisata satu ini.

Tak ketinggalan, nuansa alamnya yang sangat asri juga mampu membuat pikiranmu segar kembali. Sehingga, sepulang kamu dari liburan ini, kamu bisa menghadapi kerasnya kehidupan lagi dengan menyibukkan diri di kota yang lebih ramai.

Kamu bisa membeli oleh-oleh khas Desa Wisata Gamplong di Pasar Gamplong. Di dalam pasar ini, akan ada banyak pilihan menarik yang tentunya khas daerah ini, untuk kamu jadikan oleh-oleh. Dengan banyaknya pilihan yang beragam, kamu jadi bisa mencari oleh-oleh yang paling memenuhi kebutuhanmu.

Nama Desa Wisata Gamplong semakin populer di kalangan masyarakat Indonesia. Selain masuk kedalam destinasi wisata super prioritas dari www.kemenparekraf.go.id, desa wisata satu ini juga mampu memberikan pengalaman yang menyenangkan ketika kamu berlibur ke wilayah ini.