Cara Memulai Gaya Hidup Ramah Lingkungan

Cara Memulai Gaya Hidup Ramah Lingkungan

Dunia sudah mulai tua pemanasan global sudah mulai di rasakan di setiap sudutnya termasuk di Indonesia. Sudah berbagai cara menjaga kelestarian lingkungan hidup di sekitar rumah di sampai tapi masih sedikit kesadaran masyarakat dunia untuk mengaplikasikannya. Menerapkan gaya hidup yang ramah terhadap lingkungan sebenarnya bukanlah sebuah pilihan tapi memang kewajiban bagi semua umat manusia untuk sebuah kelangsungan hidup jangka panjang.

Menjadi pejuang lingkungan tentunya di mulai dari rumah sendiri lalu menyebarkan di lingkungan sekitar di tempat tinggal. Apabila kamu ada orang yang ingin memiliki lingkungan yang lestari serta sehat tapi bingung harus mulai dari mana, mungkin kamu bisa menerapkan beberapa tips berikut yang membuat hidup menjadi lebih sehat dan lingkungan menjadi lestari.

  1. Menanam pohon di lingkungan rumah pribadi

Menanam pohon di rumah selain melestarikan lingkungan di sekitar rumah karena meningkatkan pasokan Oksigen serta membuat lingkungan menjadi lebih dingin tapi menanam pohon juga menambah keindahan tersendiri yang berdampak positif bagi jiwa dan raga bagi penghuninnya.

Tapi masalahnya jaman sekarang rata-rata rumah itu hanya memiliki luas tanah 17x18m saja, lalu tanaman apa yang cocok di rumah dengan lahan yang kecil? Beberapa jenis pohon yang bisa di tanam di rumah dengan lahan kecil dan minimalis seperti Pohon Palem, Melati, Mangga, Pinus, Tanaman Pandan dll. Tapi secara pribadi saya lebih suka menanam mangga mengingat manggan sekarang memiliki variasi yang berbaca macam dengan tinggi 1 meter saja sudah bisa berbuah. Selain lingkungan jadi lestari tapi juga bisa menikmati buah mangga.

  1. Sampah organik menjadi kompos

Pemborosan limbah rumah tangga terbesar adalah membuang makanan atau sampah organik begitu saja tanpa sadar bahwa sampah organik tersebut adalah emas yang terabaikan. Sisa makanan atau sampah organik bisa di jadikan kompos yang mampu menunjang pertumbuhan pohon menjadi lebih cepat di bandingkan tanpa kompos.

Dengan menjadikan sampah organik menjadi kompos maka penumpukan sampah di tempat pembuangan sampah umum akan berkurang sehingga gas metana yang berbahaya bagi tubuh manusia berkurang.

  1. Prodak hemat listrik

Dalam memilih elektronik sebaiknya pilih yang hemat listrik sehingga mengurangi daya konsumsi listrik. Saat ini masih sedikit negara yang mampu mengolah listrik dari sampah ataupun air serta angin. Kebanyakan negara masih menggunakna batu bara sebagai bahan bakarnya. Penambahan batu bara yang berlebihan akan berakibat pada kerusakan lingkungan hidup.

  1. Hemat air dan kertas

Kertas adalah benda yang di hasilkan dari kayu, tingginya permintaan kertas bisa berakibat tinggi penebangan pohon baik secara legal dan ilegal. Sedangkan minimnya pohon akan membuat berkurangnya mata air. Menggunakan kertas secukupnya maka akan membuat pohon tetap terjaga di alamnya sehingga mata air pun tetap terjaga dengan baik.

Selain beberapa cara di atas, memilih untuk tidak menggunakan plastik merupakan salah satu cara sederhana agar linkungan tetap sehat dan lestari.